Cara Membasuh Kolam Renang dengan Asam

Kolam renang terus menerus diserang oleh alga. Alga memasuki kolam renang Anda dari angin, hujan, dan bahkan pakaian renang yang terkontaminasi. Biasanya, jumlah klorin atau bromin yang disarankan dalam jumlah normal dapat membunuh alga saat bersentuhan dengan air. Namun, jika kolam telah mandek untuk jangka waktu yang lama, atau jika proses musim dingin tidak dilakukan dengan benar, alga dapat mengambil alih. Jika ini terjadi, kolam renang kemungkinan besar akan berubah menjadi warna hitam atau hijau tua dan Anda bahkan tidak dapat melihat dasarnya. Kolam renang kemungkinan akan membutuhkan acid wash untuk mengembalikan keindahan dan kebersihannya seperti semula. Sebagai pedoman umum jika Anda dapat melihat dasar kolam renang, Anda biasanya dapat membawanya kembali dengan bahan kimia, menyedot debu, dan menyaring. Jika lantainya tidak terlihat, biaya bahan kimia dan listrik untuk penyaringan akan jauh melebihi biaya pencucian dengan asam. Penyaringan dan bahan kimia juga akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membunuh dan menghilangkan alga, sehingga membuat pencucian asam jauh lebih hemat biaya dan waktu. Jika ganggang tampaknya dapat tumbuh dalam semalam bahkan dengan perawatan kimiawi yang tepat, mengganti air dan asam yang membasuh permukaan plester kolam renang Anda akan memberi Anda musim panas yang bebas ganggang.

Pencucian asam akan mengikis lapisan kecil plester dari kolam renang, sehingga lapisan baru yang lebih bersih di bawahnya akan terlihat. Ini seharusnya tidak menjadi kebiasaan tahunan karena hal itu akan menghilangkan semua plester dan membuat kolam renang harus benar-benar dilapis ulang. Kebanyakan lapisan plester jas putih atau marcite memiliki ketebalan lebih dari ½ inci, jadi pembersihan asam sesekali tidak berbahaya bagi kolam renang. Pencucian asam juga dapat digunakan untuk memberikan hasil akhir yang lebih cerah dan bersih untuk kolam renang Anda, dan tidak selalu karena krisis alga. Kolam renang selalu terlihat lebih cerah dan lebih bersih dari pencucian asam.

Asam yang digunakan untuk pencucian asam adalah asam Muriatic. Asam muriatic lebih dikenal sebagai asam klorida dengan simbol kimia HCl. Ini ditemukan dalam bentuk yang sangat terkonsentrasi di toko kolam renang rata-rata, dan bahayanya tidak bisa cukup ditekankan. Asam adalah zat berbahaya. Siapapun yang mencuci kolam dengan asam harus melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk memastikan penanganan asam yang aman dan untuk meminimalkan paparan. Kenakan pakaian pelindung yang tepat, dengan respirator pemurni udara yang dirancang untuk asap asam. Kenakan kacamata pengaman bukan kacamata pengaman, sarung tangan karet, dan sepatu bot. Personel perusahaan kolam dilatih secara khusus dalam aplikasi asam dan keamanan asam.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk pencucian asam adalah mengeringkan kolam sepenuhnya. Saat saluran air kolam, cuci dan gosok seperlunya untuk menghilangkan semua ganggang dan daun. Saat kolam kosong dan kering, sekarang saatnya untuk memulai pencucian asam. Pastikan untuk mengenakan semua pakaian dan peralatan pelindung Anda.

Untuk mendapatkan campuran asam yang tepat 50/50, tambahkan satu galon asam ke satu galon air dalam kaleng penyiraman bunga besar (Selalu tambahkan asam ke air, jangan sebaliknya karena Anda berisiko meledak). Dengan menggunakan selang taman tanpa nosel, basahi dinding kolam Anda. Jaga agar selang terus mengalir saat membersihkan kolam. Tuangkan asam ke sisi kolam renang, dari atas ke bawah, satu per satu bagian setinggi sepuluh kaki (mulai dari ujung yang dalam, lanjutkan ke ujung yang dangkal). Jangan biarkan asam menempel di plester lebih dari tiga puluh detik karena akan menyebabkan kerusakan. Gunakan sikat asam untuk menggosok permukaan kolam dan memindahkan asam. Setelah menggosok, bilas dengan bersih dan cepat. Berhati-hatilah untuk menghilangkan semua asam dari dinding kolam. Asam yang tertinggal akan terus mengikis gips. Jika campuran asam 50/50 tidak dapat menghilangkan semua noda, Anda dapat meningkatkan konsentrasi, atau lamanya waktu asam tetap menempel di dinding, dan / atau menggosok lebih keras.

Setelah pencucian asam, semua asam akan terkumpul di dasar kolam renang. Ini akan terlihat seperti genangan asam berbusa dan perlu dinetralkan sebelum dipompa keluar. Untuk menetralkan asam, gunakan 2 pon soda ash untuk setiap galon asam yang telah digunakan. Soda ash dapat dibeli di toko perlengkapan kolam renang. Sebarkan abu soda di atas genangan air sambil diaduk dengan sikat kolam di atas tiang. Setelah asam dinetralkan, Anda dapat menggunakan strip penguji kolam renang untuk mengukur pH dan memeriksa apakah asamnya netral. Jangan gunakan kit pengujian kimia karena asam dapat merusak wadah pengujian plastik. Netral berada pada skala pH 7. Apa pun yang di bawah 7 masih bersifat asam. Setelah asam netral, pompa submersible dapat digunakan untuk memompa asam yang dinetralkan keluar dari kolam. Berhati-hatilah saat memompa asam yang dinetralkan karena dapat merusak tanaman dan membunuh ikan, katak, atau makhluk hidup lainnya. Setelah asam dipompa keluar, bilas kembali dasar kolam.

Jangan terburu-buru melakukan pekerjaan asam. Lakukan pekerjaan dengan perlahan dan aman. Asap asam bisa sangat kuat dan sangat berbahaya. Pastikan respirator Anda dapat memblokir semua asap asam. Pastikan kacamata pengaman melindungi mata Anda sepenuhnya. Pastikan mengenakan celana lama, kemeja lengan panjang, sarung tangan karet, dan sepatu bot karet. Semprotkan diri Anda sebelum keluar dari kolam. Selalu memiliki orang kedua di dekat Anda ketika asam mencuci kolam untuk membantu keadaan darurat apa pun termasuk menelepon 911 jika diperlukan. Jika asam masuk ke mulut, mata, telinga, atau kulit yang terbuka, bilas dengan selang selama 15 menit.

Jika kolam renang dilapisi dengan vinil, jangan gunakan asam. Sebagai gantinya gunakan deterjen dan minyak siku untuk menghilangkan ganggang dari dinding. Cobalah untuk tidak mengeringkan kolam liner sepenuhnya karena liner sulit diatur ulang ke tempatnya. Ada juga kemungkinan kecil dinding kolam runtuh.

Sangat disarankan agar Anda menyewa seorang profesional untuk melakukan pencucian asam untuk Anda, daripada melakukannya sendiri. Setelah pencucian asam menyeluruh, kolam renang akan terlihat seperti baru. Dengan perawatan kimiawi yang tepat mulai saat ini, kolam seharusnya tidak memiliki masalah alga yang signifikan lebih lanjut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *