Floaters in the Eyes – Penyebabnya dan Cara Menghilangkannya

Eye floaters adalah bintik kecil, bintik-bintik, dan sarang laba-laba seperti partikel yang melayang di sekitar bidang penglihatan Anda. Eye floaters biasa cukup umum dan tidak perlu menjadi penyebab kekhawatiran.

Mata Anda mengandung gel bening seperti cairan yang disebut vitreous. Sayangnya, humor vitreous merosot seiring bertambahnya usia. Ketika kita masih muda vitreous memiliki konsistensi seperti gel, tetapi seiring bertambahnya usia, vitreous mungkin menjadi lebih berair, terutama di tengah bola mata.

Bagian vitreous menjadi lebih berair dan bagian lainnya menjadi lebih padat dari yang seharusnya. Partikel gel yang lindungi mata dari radiasi lebih padat dapat mengapung di bagian mata yang lebih berair.

Ketika potongan kecil terlepas dari bagian belakang mata dan mengapung di sekitar mata Anda, itu disebut pelampung.

Floater juga memiliki kecenderungan tenggelam ke dasar bola mata dan dapat mengaburkan penglihatan hingga berpindah ke area lain. Kadang-kadang orang mungkin berpikir bahwa mereka melihat sesuatu dari sudut matanya tetapi tidak ada apa-apa.

Floaters lebih terlihat dalam cahaya terang atau melihat layar komputer misalnya. Anda mungkin tidak melihat floaters, tetapi floaters dapat menimbulkan bayangan pada retina di bagian belakang mata, yang memang Anda lihat.

Penampakan Floaters yang Tiba-tiba

Jika floaters muncul tiba-tiba, segera dapatkan saran ahli. Ini bisa berarti kerusakan serius pada mata. Ini bisa klinik mata jakarta menunjukkan masalah serius dengan gel vitreous atau bahkan retina yang terlepas.

Detasemen Vitreous Posterior – PVD

Ini terjadi ketika gel vitreous mulai terlepas dari retina. Ini serius dan perlu perhatian segera. Gel dapat menarik retina yang menyebabkan kerusakan fisik dan bahkan pelepasan retina.

Hal ini mungkin terlihat dengan terjadinya kilatan cahaya karena ada rangsangan mekanis pada retina seperti menarik gel vitreous di atasnya. Ini akan merangsang retina dengan cara yang sama ketika cahaya jatuh di atasnya.

Weiss Ring Floater

Pelampung besar yang dipasang di sekitar area saraf optik. Biasanya berbentuk lingkaran, donat atau C.

Dalam kasus yang lebih serius, retina mungkin robek dan darah akan bocor ke dalam cairan vitreus, terlihat sebagai titik-titik kecil yang bergerak melintasi bidang penglihatan.

Perdarahan Vitreous

Ini adalah kondisi yang parah, yang bisa berarti robekan retinal atau ablasi retinal.

Ablasi retina membutuhkan perhatian segera karena dapat menyebabkan kebutaan.

Penyebab Umum Kondisi Floater Mata Parah

> Operasi Katarak

> Operasi mata laser

> Diabetes – vitreopati diabetik

> Infeksi mata – dapat menyebabkan cairan vitreus mencair

> Retinitis Cytomegalovirus (CMV) adalah peradangan pada retina mata yang disebabkan oleh virus

> Menjadi sangat rabun jauh – miopia tinggi. Bentuk mata yang memanjang dapat menyebabkan ketegangan pada retina. Lebih cenderung mendapatkan floater pada usia yang lebih muda.

Operasi atau kerusakan apa pun pada mata seperti kecelakaan atau jatuh dapat memperburuk kondisi floater.

Seiring bertambahnya usia, masalah ini menjadi lebih mungkin karena gel vitreous menjadi lebih berair di tengah dan gel yang menempel pada retina mulai menarik lebih banyak pada retina dan bagian-bagiannya dapat terlepas dan mengambang di sekitar pusat mata yang berair.

Pengobatan Floaters

Kebanyakan eye floaters hanya mengganggu dan menjengkelkan dan mungkin tidak akan menimbulkan masalah besar. Mereka menjadi lebih mungkin saat kita bertambah tua.

Vitrektomi

Untuk kasus yang parah – cairan vitreus dikeluarkan dari mata dan diganti dengan cairan garam.

Vitreolisis Laser

Pelampung ditargetkan dengan laser dan dibakar. Metode ini kurang invasif daripada prosedur Vitrecomy tetapi menimbulkan risiko terhadap floater yang mengganggu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *