Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Hak Merek

Sudah waktunya bagi saya – dan Anda – untuk mengambil pelajaran dari merek-merek besar, pelajaran yang benar bagi siapa pun yang tertarik pada apa yang diperlukan untuk menonjol dan makmur di dunia kerja baru.

Terlepas dari usia, apa pun posisinya, apa pun bisnis tempat kita berada, kita semua perlu memahami pentingnya branding. Kami adalah CEO dari perusahaan kami sendiri: Me Inc. Untuk menjalankan bisnis saat ini, tugas terpenting kami adalah menjadi kepala pemasar untuk merek bernama Anda.

Sesederhana itu – dan sesulit itu. Dan itu tak terhindarkan.

Perusahaan Behemoth mungkin hak merek bergiliran membeli satu sama lain atau mengakuisisi setiap startup panas yang menarik perhatian mereka – merger pada rekor tahun 1996. Hollywood mungkin hanya tertarik pada film laris dan penerbit buku mungkin hanya ingin menerbitkan buku terlaris yang terjamin. Tapi jangan tertipu oleh semua hiruk-pikuk di ujung spektrum ukuran yang sangat besar.

Tindakan nyata ada di ujung yang lain: peluang utama adalah menjadi agen bebas dalam ekonomi agen bebas, mencari musim terbaik yang dapat Anda bayangkan di bidang Anda, berusaha melakukan pekerjaan terbaik dan mencatat rekam jejak yang luar biasa , dan ingin membangun padanan mikro Anda sendiri dari Nike swoosh. Karena jika Anda melakukannya, Anda tidak hanya akan meraih setiap peluang dalam jangkauan lengan (atau laptop), Anda tidak hanya akan memberikan kontribusi yang penting untuk kesuksesan tim Anda – Anda juga akan menempatkan diri Anda dalam posisi tawar yang bagus untuk pasar agen bebas musim depan.

Kabar baiknya – dan sebagian besar merupakan kabar baik – setiap orang memiliki kesempatan untuk menonjol. Setiap orang memiliki kesempatan untuk belajar, meningkatkan, dan membangun keterampilan mereka. Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi merek yang layak diberi komentar.

Siapa yang memahami prinsip fundamental ini? Perusahaan besar melakukannya. Mereka telah berkembang pesat dalam waktu yang singkat: lebih dari empat tahun yang lalu, tepatnya 2 April 1993, ketika Philip Morris memotong harga rokok Marlboro sebesar 40 sen per bungkus. Itu pada hari Jumat. Pada hari Senin, nilai pasar saham perusahaan barang dalam kemasan turun $ 25 miliar. Semua orang setuju: merek dikutuk.

Saat ini merek adalah segalanya, dan semua jenis produk dan layanan – dari firma akuntansi hingga pembuat sepatu hingga restoran – mencari cara untuk melampaui batasan sempit kategori mereka dan menjadi merek yang dikelilingi oleh buzz seperti Tommy Hilfiger.

Siapa lagi yang memahaminya? Setiap sponsor Website. Faktanya, Web membuat kasus untuk pencitraan merek lebih langsung daripada barang kemasan atau produk konsumen mana pun. Inilah yang dikatakan web: Siapapun dapat memiliki Situs Web. Dan hari ini, karena siapa pun bisa … siapa pun! Jadi, bagaimana Anda tahu situs mana yang layak dikunjungi, situs mana yang akan ditandai, situs mana yang layak dikunjungi lebih dari sekali? Jawabannya: branding. Situs yang Anda buka kembali adalah situs yang Anda percayai. Mereka adalah situs di mana nama merek memberi tahu Anda bahwa kunjungan tersebut akan sepadan dengan waktu Anda – lagi dan lagi. Merek adalah janji nilai yang akan Anda terima.

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi pembunuh lain di Internet – email. Ketika setiap orang memiliki email dan siapa saja dapat mengirimi Anda email, bagaimana Anda memutuskan pesan siapa yang akan Anda baca dan tanggapi terlebih dahulu – dan pesan siapa yang akan Anda kirim ke tempat sampah yang belum dibaca? Jawabannya: personal branding. Nama pengirim email sama pentingnya dengan merek – merek – sama pentingnya dengan nama situs Web yang Anda kunjungi. Itu adalah janji tentang nilai yang akan Anda terima untuk waktu yang Anda habiskan untuk membaca pesan.

Tidak ada yang memahami branding lebih baik daripada perusahaan jasa profesional. Lihat McKinsey untuk model aturan baru branding di tingkat perusahaan dan pribadi. Hampir setiap perusahaan jasa profesional bekerja dengan model bisnis yang sama. Mereka hampir tidak memiliki aset keras – tebakan saya adalah bahwa kemungkinan besar akan menyewakan atau menyewakan setiap barang berwujud yang mereka bisa untuk mencegah keharusan memiliki apa pun. Mereka memiliki banyak aset lunak – lebih konvensional dikenal sebagai orang, lebih disukai orang yang cerdas, termotivasi, dan bertalenta. Dan mereka memiliki pendapatan yang besar – dan keuntungan yang luar biasa.

Mereka juga memiliki budaya kerja dan kehidupan yang sangat jelas. Anda dipekerjakan, Anda melapor untuk bekerja, Anda bergabung dengan tim – dan Anda segera mulai mencari tahu cara memberikan nilai kepada pelanggan. Sepanjang jalan, Anda belajar banyak hal, mengembangkan keterampilan Anda, mengasah kemampuan Anda, berpindah dari proyek ke proyek. Dan jika Anda benar-benar pintar, Anda mencari cara untuk membedakan diri Anda dari semua orang yang sangat pintar berjalan dengan setelan $ 1.500, laptop bertenaga tinggi, dan resume yang dipoles dengan baik. Sepanjang jalan, jika Anda benar-benar pintar, Anda mencari tahu apa yang diperlukan untuk menciptakan peran khusus bagi diri Anda sendiri – Anda membuat pesan dan strategi untuk mempromosikan merek bernama Anda.

Apa yang membuatmu berbeda?

Mulailah sekarang: pada saat ini Anda akan berpikir tentang diri Anda secara berbeda! Anda bukan “karyawan” General Motors, Anda bukan “staf” di General Mills, Anda bukan “pekerja” di General Electric atau “sumber daya manusia” di General Dynamics (ups, sudah hilang! ). Lupakan Jenderal! Anda tidak “menjadi bagian” perusahaan mana pun seumur hidup, dan afiliasi utama Anda bukanlah “fungsi” tertentu. Anda tidak ditentukan oleh jabatan Anda dan Anda tidak dibatasi oleh deskripsi pekerjaan Anda.

Mulai hari ini Anda adalah sebuah merek.

Anda sama pentingnya dengan merek Nike, Coke, Pepsi, atau Body Shop. Untuk mulai berpikir seperti manajer merek favorit Anda sendiri, tanyakan pada diri Anda pertanyaan yang sama dengan yang ditanyakan oleh manajer merek di Nike, Coke, Pepsi, atau Body Shop pada diri sendiri: Apa yang membuat produk atau layanan saya berbeda? Beri diri Anda tantangan kontes 15 kata atau kurang tradisional. Luangkan waktu untuk menuliskan jawaban Anda. Dan kemudian luangkan waktu untuk membacanya. Beberapa kali.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *